Managing Basic Education MBE Project Online Supported by USAID
 


ENGLISH LANGUAGE

Ayo, mari kita mendukung Proyek Managing Basic Education

MAGELANG : Wisata Budaya ke Candi Borobudur

Pada hari Rabu tanggal 3 Mei 2006, SDN Kemirirejo 1 sebagai sekolah binaan MBE di Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang melaksanakan wisata budaya ke Candi Borobudur secara serentak untuk kelas III, IV dan V. Pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai bentuk aktivitas pembelajaran PAKEM di luar kelas (out-door activity).

Pada waktu wisata budaya ini siswa belajar secara langsung mengenai Candi Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa dan Museum Batu Karmawibhangga, tidak saja dari buku pelajaran tetapi langsung dari sumber belajar melalui pengamatan langsung ke sumber belajar yang disampaikan dan diperjelas oleh para pemandu wisata Candi Borobudur.

Guru kelas sebagai pendamping dalam kegiatan ini sebelumnya telah merencanakan pengalaman belajar aktif untuk siswanya. Persiapan pembelajaran menyangkut persiapan pertanyaan yang dibuat dan akan diajukan oleh siswa (lihat foto kanan).

Untuk mempermudah penyampaian materi yang disampaikan oleh para pemandu wisata sebagai nara sumber, siswa dikelompokkan berdasarkan tingkatan kelas masing-masing. Ada tiga rombongan besar kunjungan wisata, yakni rombongan kelas 3, 4 dan 5, dimana masing-masing rombongan terdapat dua guru pendamping dan seorang pemandu.

Tujuan pengelompokkan ini adalah untuk memudahkan guru pendamping dalam pengawasan pelaksanaan tugas yang diberikan serta memudahkan pemandu dalam menyampaikan informasi mengenai Candi borobudur beserta museum yang dikunjungi.

Bp. Wito (pemandu wisata)

Siswa Kelas V dengan serius mendengarkan dan menyimak Bp. Wito (pemandu wisata) mengenai relief yang ada di dinding-dinding Candi Borobudur.

Sesudah sampai di Pelataran Candi Borobudur, para siswa maupun guru pendamping dengan antusias menyimak dan mencatat berbagai informasi yang dijelaskan oleh para guide mengenai :

  • Sejarah berdirinya Candi Borobudur
  • Bentuk hiasan Candi Borobudur dan tingkatan-tingkatan pada Candi Borobudur.
  • Benda-benda yang ada di Museum Kapal Samudraraksa dan Museum Batu Kharmawibhangga.

Saat siswa dijelaskan oleh para pemandu, beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan seperti yang tertulis dalam daftar pertanyaan yang telah dibuat, kemudian siswa mencatatnya pada buku tulis mereka. Informasi ini oleh siswa digunakan sebagai bahan menyusun laporan kunjungan.

Siswa kelas 3 mencatat penjelasan langsung dari pemandu.


Sambil menikmati indahnya Candi Borobudur, siswa mengamati, mencatat dan bertanya jawab kepada nara sumber tentang relief Candi Borobudur. Pada akhir kegiatan wisata budaya ini, siswa kelas 3 dan 4 mendeskripsikan kembali hasil kunjungannya di Candi Borobudur serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibuat guru pendamping, sedangkan kelas 5 membuat laporan perjalanan wisata budaya.

Siswa, Guru, Kepala Sekolah serta Polisi Wisata berfoto bersama sesaat sebelum kunjungan ke Candi Borobudur.

RTI INTERNATIONAL Managing Basic Education (MBE) USAID