Managing Basic Education MBE Project Online Supported by USAID
 


ENGLISH LANGUAGE

Ayo, mari kita mendukung Proyek Managing Basic Education

PACITAN: Kunjungan Sekolah Multigrade

Kabupaten Pacitan adalah salah satu kabupaten mitra MBE. Dengan tujuan efektifitas, efisiensi dan usaha peningkatan mutu, beberapa tahun terakhir Dinas Pendidikan melalui program MBE telah memperkenalkan alternatif " Pembelajaran multi-grade" atau pembelajaran kelas rangkap. Model ini diterapkan bagi sekolah terpencil dengan kondisi siswa sedikit dan jumlah guru terbatas.

Sebagai contoh banyak sekolah yang jumlah siswa keseluruhan tidak lebih dari 60 siswa. Sedangkan daerahnya cukup jauh dari sekolah yang lain sehingga tidak mungkin di "regroup" atau di merger. Model pembelajaran ini kelas berdekatan dirangkap menjadi satu ruang dengan berbaur diajar dengan tema sama (tematik) tetapi dengan penugasan yang berbeda.

Konsultan MBE
Kerja kelompok
Siswa kelas awal
Pajangan pada kelas

1. Konsultan MBE menjelaskan hasil kunjungan lapangan pada Kepala Dinas (Bpk. Fatoni SH)
2. Kerja kelompok pada kelas rangkap
3. Siswa kelas awal belajar dengan alat peraga
4. Pajangan pada kelas rangkap.

Di Kabupaten Pacitan ada beberapa sekolah tepencil. Enam sekolah telah mengikuti pelatihan, fasilitator melaksanakan pendampingan dan supervisi. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tentu banyak kendala dan kesulitan. Input ini sangat berguna dalam menyusun kegiatan berikutnya.

Berkenaan dengan itu, pada tanggal 21-22 September 2006 konsultan MBE (Lynn Hill dan Angie) melihat langsung pembelajaran pada sekolah multi-grade. Tujuan kunjungan ini untuk melihat sejauh mana sekolah mampu menerapkan pola dan metode mengajar pada kelas rangkap serta ingin mendapatkan masukan-masukan, kendala yang dihadapi untuk menyusun kegiatan dan fasilitasi berikutnya.

Tiga sekolah telah dikunjungi yaitu SD Sidoarjo 2 di kecamatan Pacitan, SD Punung 2 di Kecamatan Punung dan SD Tambakrejo 2 di kecamatan Arjosari. Dari hasil kunjungan Ibu Lynn terkesan dengan semangat guru-guru di sekolah multi-grade. Khususnya di SD Sidoarjo 2 dan SD Punung 2, bahkan beberapa guru sukwan yang belum pernah ikut pelatihan sangat antusias untuk bertanya kepada konsultan MBE.

Tiga sekolah yang dikunjungi sepakat sebagai pilot/rujukan program multi-grade dengan kegiatan sebagai berikut :

  1. Melaksanakan KKG Khusus sekolah multi-grade dengan didampingi fasilitator daerah.

  2. Melaksanakan pelatihan lagi baik yang diselenggarakan oleh Dinas maupun MBE.

  3. Saling kunjung dan diskusi antar sekolah multi-grade.

  4. Membentuk fasilitator khusus multi-grade.

  5. Pengadaan modul multi-grade.

SEMARANG: PAKEM Merambah di Berbagai Gugus

Setelah terlaksana di sekolah binaan, gema MBE mulai merambah ke berbagai wilayah di Kabupaten Semarang. Pada tanggal 20 September 2006, bertempat di Gugus Patimura kecamatan Pringapus, dilaksanakan pelatihan pengenalan PAKEM. Dalam kesempatan tersebut, fasilitator MBE diminta untuk memberikan pengetahuannya tentang PAKEM. Lihat foto di bawah modeling PAKEM di kelas awal dalam pelatihan.

Selain hal tersebut, telah banyak permintaan untuk desiminasi (mandiri) dari berbagai kecamatan di Kabupaten Semarang. Hal tersebut dijadwalkan setelah bulan puasa, agar pelatihan lebih efektif.

MAGETAN : Padat Imbasisasi MBE
Pelatihan CTL SMP di Maospati dan Magetan

Program imbas pelatihan PAKEM/CTL SMP dilakukan untuk SMP se-kecamatan Maospati pada tanggal 22-24 Juli 2006 dan pada tanggal 22-24 Agustus 2006 se-kecamatan Magetan. Pelatihan ini merupakan bagian dari pelatihan bedol SMP.

Tujuan pelatihan ini adalah :

  • Meningkatkan ketrampilan proses pembelajaran

  • Pengenalan pembelajaran PAKEM/CTL

  • Guru-guru mampu melaksanakan pembelajaran yang sesuai KBK, yaitu Pembelajaran PAKEM/CTL

Peserta asyik memajang

Seusai praktik mengajar peserta asyik memajang hasil belajar dan refleksi anak.

Pelatihan ini difasilitasi oleh MBE. Selain dari sekolah-sekolah binaan MBE, juga diikuti guru dari SMPN 1 Magetan dan SMPN 3 Magetan yang turut serta dalam pelaksanaan pelatihan PAKEM/CTL.

RTI INTERNATIONAL Managing Basic Education (MBE) USAID