Managing Basic Education MBE Project Online Supported by USAID
 


ENGLISH LANGUAGE

Ayo, mari kita mendukung Proyek Managing Basic Education

Bagaimana Mencari Bilangan Prima Dengan Mudah ?

Konsep bilangan prima mungkin merupakan hal yang mudah bagi sebagian orang, tetapi tidak demikian halnya bagi siswa kelas 4. Untuk mengetahui apakah sebuah bilangan merupakan bilangan prima, seorang siswa kelas 4 masih harus berpikir keras. None Luxynda Aprillia Prestiche Putri adalah seorang siswa kelas 4 di SD Krucil 2, Probolinggo.

Berkat pembelajaran Pakem yang diterapkan gurunya, None mendapat kesempatan untuk berkarya. Dia berhasil menemukan cara termudah mencari bilangan prima bagi dirinya dan teman-temannya SD Krucil 2 Probolinggo yang terletak di kecamatan Krucil, tempat None bersekolah, merupakan sekolah binaan MBE. Walaupun sekolah ini jauh dari kota, namun guru-guru di SD Krucil 2 terus berinovasi dan berupaya agar siswa mereka tidak tertinggal dibandingkan dengan siswa di kota.

Berikut adalah kalimat yang dituliskan None tentang cara dia mengerjakan tugasnya:
Buatlah sebuah tabel dan isi angka 1 sampai 100, lalu gunakan perkalian misalnya 2x2=4, 2x3=6, 2x4=8 dst. sampai perkalian 10. Kecuali 1, coretlah / lingkarilah hasil dari perkalian itu, misalnya 4, 6, 8, 10 dst. Kemudian angka yang tidak kamu coret/lingkari itulah bilangan prima dari 2 sampai 100.

Tabel bilangan hasil perkalian

Tabel bilangan hasil perkalian mulai dari 2 sampai dengan 10. Bilangan yang tidak dilingkari menunjukkan bilangan prima.


Penjelasan tentang bilangan prima

Penjelasan tentang bilangan prima yang ditemukan yang ditulis oleh None.

Halaman Belakang: Peserta Lokakarya Orientasi di Batu

Cerita dan Pertanyaan dari Daerah

Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Kami juga menunggu cerita Anda dari daerah MBE tentang inovasi atau isu pendidikan baik di tingkat sekolah, masyarakat, maupun kabupaten/kota. Kirimkan kepada kami di Jakarta untuk Suara MBE. Bila disertai foto, lebih bagus. Kirimkan melalui pos, fax atau e-mail. Alamat, nomor fax, dan e-mail ada pada halaman belakang.


Pelatihan PAKEM di Ambal

Kecamatan Ambal di Kebumen terletak dekat pantai selatan Jawa. Pelatihan PAKEM ke-2 telah dilaksanakan pada bulan April 2005. Pelatihan ini melibatkan juga praktek mengajar di sekolah. Di bawah ini adalah beberapa contoh pembelarjan PAKEM yang nampak pada saat pelatihan:

  1. Di MIS Muhamadiyah anak kelas 5 belajar mengenal kesamaan pecahan dengan memotong buah.

  2. Siswa kelas 3 MTs Guppi, Siti Ngasiyah, membaca di depan kelas ringkasan cerita yang ditulisnya.

  3. Ibu Alipah telah mengajak siswa kelas 2B di SMP2 Ambal untuk menemukan luas lingkaran dengan memotong juring dan menatanya menjadi persegi panjang.

  4. Desi, anak kelas 3 di SD Ambalresmi 3, membacakan puisi tentang pohon pisang yang dia tulis sendiri.

Anak kelas 5
Siti Ngasiyah
Luas lingkaran dengan memotong juring
Ibu Alipah
Desi, anak kelas 3
Puisi tentang pohon pisang

Di SD Ambalresmi 3 telah dibentuk paguyuban kelas yang ketuanya adalah Ibu Umi Kimhati. Meskipun sudah lanjut usia, Ibu Umi tetap peduli terhadap pendidikan generasi muda di desanya.

Ketua Komsek: Bpk Suparyo, Anggota Komsek: Bpk Parjo, Ibu Umi dan Kepala Sekolah: Ibu Yulia

RTI INTERNATIONAL Managing Basic Education (MBE) USAID